@thesis{thesis, author={BANO Rendy Ivan}, title ={Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Materi Pokok Gerak Lurus Peserta Didik Kelas X MIIA4 SMA Negeri 5 Kupang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015}, year={2014}, url={http://repository.unwira.ac.id/9685/}, abstract={Talking stick termasuk salah satu tipe dalam model pembelajaran kooperatif. Kooperatif tipe Talking Stick dilaksanakan dengan bantuan tongkat. Siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah peserta didik mempelajari materi pokoknya.Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick sangat cocok diterapkan bagi peserta didik SD, SMP, dan SMA/SMK. Selain untuk melatih berbicara, pembelajaran ini akan menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat peserta didik aktif. Spesifik Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanahkah Hasil Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta Didik Kelas XMIIA4 Semester ganjil SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015? Secara masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick materi pokok Gerak Lurus? 2) Bagaimana keterampilan Kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick? 3) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking? 4) Bagaimana hasil belajar fisika dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick? 5) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan hasil penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick materi pokok Gerak Lurus pada peserta didik kelas XMIIA4 Semester ganjil SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2014/2015. Secara spesifik tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. 2) Mendeskripsikan keterampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. 3) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. 4) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick . 5) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas xMIIA4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bahan Ajar Peserta Didik, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, Lembar Diskusi Peserta Didik dan Kisi-kisi Tes Hasil Belajar. Sedangkan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick , Tes Hasil Belajar (produk, psikomotor dan afektif), Lembar Penilaian Aspek (afektif dan psikomotor) dan Lembar Isian Respon Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif (menghitung skor rata-rata, proporsi dan presentase). Bertolak dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah termasuk dalam kategori baik. Keterampilan kooperatif peserta didik meliputi: berada dalam tugas, mengambil giliran dan berbagi tugas, mendorong berpartisipasi, bertanya atau menjawab dan mendengarkan dengan aktif semuanya berada pada rentang rata-rata ideal kefektivitas yang ditetapkan. Indikator hasil belajar (produk, psikomotor dan afektif) yang disiapkan sebagian besar tuntas. Hasil belajar peserta didik (produk, psikomotor dan afektif) yang disiapkan sebagian besar tuntas. Sedangkan respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dikemukakan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick materi pokok Gerak Lurus diterapkan dengan baik pada peserta didik kelas XMIIA4 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2014/2015.} }