@thesis{thesis, author={NGODE Yovita}, title ={Penerapan Teknik Self Management Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Menjalankan Aturan Harian Komunitas Pada Suster Yunior Student Ssps Komunitas Sta. Skolastika Liliba Kupang}, year={2019}, url={http://repository.unwira.ac.id/9706/}, abstract={Judul skripsi: Penerapan teknik self management melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan disiplin menjalankan aturan harian komunitas. (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Suster Yunior Student SSpS Komunitas Sta. Skolastika Liliba Kupang Tahun 2018). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik self management melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin menjalankan aturan harian komunitas pada suster yunior student SSpS komunitas Sta. Skolastika Liliba Kupang tahun 2018?. Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui penerapan teknik self management melalui bimbingan kelompok dalam meningkatkan disiplin menjalankan aturan harian komunitas pada suster yunior student SSpS komunitas Sta. Skolastika Liliba Kupang tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe pra-eksperimen. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan panduan pelaksanaan teknik self management melalui bimbingan kelompok. Analisis dilakukan secara individual yakni dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap baseline 1 (A1) dan baseline 2 (A2) dan menggambarnya dalam grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecenderungan/trend stabilitas perubahan level yang terjadi pada fase baseline 1 dan fase baseline 2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan teknik self management melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin menjalankan aturan harian komunitas pada suster yunior student komunitas Sta. Skolastika Liliba Kupang tahun 2018. Hal ini dibuktikan dengan trend stabilitas fase baseline 1 (A1) dan fase baseline 2 (A2) berupa menurunnya perilaku negatif sebelum dilakukan treatment pada fase baseline 1 (A1) menjadi meningkatnya perilaku positif setelah dilakukan treatment pada fase baseline 2 (A2). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyampaikan saran kepada: 1). Suster Pemimpin Propinsi agar meningkatkan kerja sama dengan para suster pendamping/formator untuk membantu para suster yunior SSpS dalam meningkatkan disiplin menjalankan aturan harian komunitas melalui pendampingan-pendampingan dalam bidang rohani dan kepribadian. 2) Suster Pemimpin Yunior/Pendamping/Formator agar lebih intensif dalam mendampingi para suster yunior student yang mengalami masalah berkaitan dengan disiplin menjalankan aturan harian komunitas. 3) Para suster yunior student diharapkan agar lebih aktif dalam memanfaatkan sarana yang disiapkan oleh kongregasi seperti bimbingan pribadi dan bimbingan kelompok sehingga dapat membantu dalam meningkatkan disiplin menjalankan aturan harian komunitas.} }