@thesis{thesis, author={DIDOK Isabella}, title ={Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Pasca Konsumsi, Harga Produk, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Produk Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Sabun Pembersih Wajah Biore}, year={2017}, url={http://repository.unwira.ac.id/9743/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena munculnya berbagai merek baru khususnya untuk kategori produk sabun pembersih wajah. Biore kini mulai tersaingi oleh merek-merek lainnya, hal ini ditandai dengan tingginya tingkat perpindahan merek dari sabun pembersih wajah Biore ke sabun pembersih wajah merek lain. Selain itu terjadi pergeseran top brand index sabun pembersih wajah Biore dan penurunan penjualan dari tahun 2014 sampai dengan 2016. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui gambaran ketidakpuasan konsumen pasca konsumsi, harga, kebutuhan mencari variasi, dan keputusan perpindahan merek. 2) Mengetahui siginifikansi pengaruh ketidakpuasan, harga dan kebutuhan mencari variasi secara parsial dan secara simultan terhadap perpindahan merek. Populasi tidak diketahui, sehingga jumlah sampel ditentukan berdasarkan jumlah indikator dikalikan 5-10 sebanyak 112 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode Accidential Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Analisis data menggunakan alat statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS statistic version 16. Hasil analisis deskriptif variabel ketidakpuasan konsumen pasca konsumsi sebesar 82,94%, variabel harga produk 85,07%, variabel kebutuhan mencari variasi produk 83,27% dan variabel keputusan perpindahan merek 82,48% semuanya dalam kategori baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=0,228X1+0,132X2+0,498X3. Hasil uji t menunjukkan Ketidakpuasan Konsumen (X1), dan Kebutuhan Mencari Variasi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek dari sabun pembersih wajah Biore, sedangkan variabel Harga (X2) secara parsial berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan perpindahan merek dari sabun pembersih wajah Biore. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel ketidakpuasan konsumen, harga dan kebutuhan mencari variasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan perpindahan merek. Koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa 58,40% variabel keputusan perpindahan merek dapat dijelaskan oleh ke tiga variabel independen dalam persamaan regresi, sedangkan sisanya sebesar 41,6% persen dijelaskan oleh variabel lain di luar ke empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini. PT. Kao Indonesia sebaiknya meningkatkan kualitas, selalu melakukan inovasi dan memperhatikan penetapan harga terhadap produk Biore, sehingga konsumen tetap loyal terhadap produk Biore dan tidak rentan berpindah merek.} }