@thesis{thesis, author={LANIANA Yeskiel}, title ={Pengaruh Disiplin Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Yang Menerapkan Pendekatan Scientific Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018}, year={2018}, url={http://repository.unwira.ac.id/9985/}, abstract={Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific dapat dikatakann sebagai proses pembelajaran yang memadu siswa untuk memecahkan masalah kegiatan perencanaan yang matang. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana disiplin siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan disiplin dan kemampuan penalaran siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh disiplin dan kemampuan penalaran siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (2) Mengetahui disiplin siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (3) Mengetahui kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan disiplin dan kemampuan penalaran siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2016/2017 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin dan kemampuan penalaran siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan scientific efektif pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan pada siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (2) disiplin siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dan Kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori sagat baik dengan skor rata-rata kemampuan penalaran sebesar 77 (4) Ada hubungan antara disiplin dan kemampuan penalaran siswa dengan hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi = 0,67 (5) Ada pengaruh antara disiplin dan kemampuan penalaran siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018.} }