@thesis{thesis, author={Marlia Marlia}, title ={Pengaruh Customer Relationship Management dan Kaualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan PT Supra Primatama Nusantara Cabang Batam}, year={2021}, url={http://repository.upbatam.ac.id/1093/}, abstract={Menjamurnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang internet dan TV kabel serta sejenisnya tersebut menghasilkan persaingan yang sengit pula. Oleh sebab itu banysak sekali perusahaan yang menawarkan berbagai jenis pelayanan kepada masyarakat guna mendapatkan pelanggan serta berusaha untuk mempertahankan pelanggan tersebut. Dewasa ini, perusahaan tidak bisa hanya fokus dalam hal meraih pelanggan sebanyak-banyaknya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT Supraprimatama Nusantara Cabang Batam. Perancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian dan metode penelitian kausalitas kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 172 Pelanggan PT Supraprimatama Nusantara Cabang Batam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Customer Relationship Management (X1), Kualitas Pelayanan (X2) secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Customer Relationship Management (X1), Kualitas Pelayanan (X2) memengaruhi Kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 72,9 persen, sedangkan sisanya sebesar 27,1 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.} }