@thesis{thesis, author={Ricky Ricky}, title ={Rancang Bangun Game Platformer Bintang Kecil Menggunakan Godot Engine}, year={2021}, url={http://repository.upbatam.ac.id/1207/}, abstract={Pengembangan perangkat lunak semakin mudah dijangkau dengan adanya aplikasi Integrated Development Envoriment seperti Visual Studio, Netbeans, Delphi, dan IDE lainnya. Pengembangan video game saat ini semakin mudah diakses, game engine seperti Unity Engine dan Unreal Engine memberikan kesempatan kepada calon pengembang untuk mencoba merancang video game sendiri. Meskipun peluang telah diberikan kepada orang awam, masih sedikit yang tertarik untuk mencoba merancang permainannya sendiri. Proses perancangan meliputi penggunaan aset dan pemograman pada game engine Godot Engine. Pembuatan aset menggunakan aplikasi lisensi gratis dan open-source. Video game yang dirancang berjenis platformer. Tujuan penelitian meliputi perancangan dan pembangunan video game menggunakan Godot Engine. Pengembangan layaknya seperti pengembangan perangkat lunak biasa, yaitu menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian yaitu video game berjudul Bintang Kecil, dimana pemain mengendalikan karakter bernama Sang Pemimpi untuk mengoleksi bintang-bintang yang bertebaran di tata surya yang sedang di ambang kematian. Perancangan dan pengembangan dapat menggunakan Godot Engine sebagai alternatif dari game engine yang lain. Godot Engine dipilih dengan alasan agar tidak dikenakan biaya royalti. Aset dapat dibuat menggunakan aplikasi gratis dan open-source agar perancangan tidak memerlukan biaya pembelian aplikasi yang terlalu tinggi.} }