@thesis{thesis, author={Edwin Qory Oktavia}, title ={Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu IM3 Ooredoo di Batam}, year={2022}, url={http://repository.upbatam.ac.id/1554/}, abstract={Komunikasi di era yang modern sekarang ini tidak lagi harus dengan bertatap muka. Kecanggihan teknologi telah membawa perubahan besar dalam bidang komunikasi. Salah satunya yaitu handphone sebagai suatu kebutuhan yang penting dan wajib dimiliki oleh semua orang. Adanya handphone membuat provider telekomunikasi berlomba menghadirkan kartu seluler terbaik agar pengguna handphone dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan kartu IM3 Ooredoo di Batam. Jumlah populasi dalam penelitian ini sangat banyak, sehingga digunakanlah rumus Cochran dalam menentukan jumlah sampel dan didapat angka 384 sebagai jumlah sampel dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampelnya adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling dengan berbagai ketentuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan disusun beberapa pernyataan dalam skala Likert. Kuesioner kemudian disebar menggunakan Google Form kepada responden penelitian ini. Data yang telah didapat tersebut kemudian diolah dan dilakukan pengujian dengan software SPSS 25. Uji yang dilakukan di antaranya adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji determinasi, uji t dan tak lupa juga uji F. Setelah dilakukan pengujian data, didapatlah kesimpulan dalam hasil penelitian ini bahwasannya promosi dan kualitas produk memang berpengaruh positif dan signifikan, baik itu secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 63,5%.} }