@thesis{thesis, author={Iswati Nur}, title ={Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Guardian Grand Batam Mall}, year={2022}, url={http://repository.upbatam.ac.id/1711/}, abstract={Dalam perputaran era yang semakin modern, membuat pelaku bisnis meningkatkan daya persaingan dalam bisnis. Salah satu pelaku bisnis yaitu Guardian merupakan ritel farmasi yang bergerak di bidang kesehatan dan kecantikan. Mengalami beberapa masalah dimana terjadi fluktuasi peningkatan belanja konsumen pada tahun September 2020 hingga September 2021. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji hipotesis pada variabel potongan harga, promosi penjualan, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Guardian Grand Batam Mall. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui atau tidak terhingga sehingga menggunakan rumus sampel Jacob cohen. Teknik sampel yang dipakai ialah simple random sampling dimana menggunakan penyebaran kusioner ke 204 responden yaitu pengunjung yang berbelanja ke Guardian Grand Batam Mall. Analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS 25. Penelitian menghasilkan tingkat signifikan potongan harga sebesar 0,006 lebih kecil dari 0,05, promosi penjualan menghasilkan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan kualitas pelayanan tingkat signifikannya 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti nilai signifikan ketiga variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dan berpengaruh simultan potongan harga, promosi penjualan, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan pada penelitian uji F dimana hasilnya pada output ANOVA yaitu nilai tersebut menjelaskan bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel sebesar 39,730 lebih besar dari 3,04. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini di katakan berpengaruh secara parsial pada uji T dan berpengaruh simultan pada uji F. %. Hasil pada uji koefisien deteminasi menjelaskan bahwa persepsi konsumen pada potongan harga, promosi penjualan, dan kualitas pelayanan memberikan kontribusi pengaruh sebesar 37,3% terhadap kepuasan konsumen. Sisanya sebesar 62,7% terdapat dari faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.} }