@thesis{thesis, author={Telutci Telutci}, title ={Penerapan Data Mining untuk Memprediksi Prestasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Algoritma C4.5}, year={2024}, url={http://repository.upbatam.ac.id/6177/}, abstract={Secara umum pendidikan di Indonesia merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pembangunan masyarakat dan negara. Selaku tenaga pendidik pada sekolah dasar akan menjalankan tugasnya dengan baik bila mempunyai memahami tentang konsep pendidikan pada sekolah dasar, Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi prestasi siswa, dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi prestasi siswa. Faktor tersebut diantaranya nilai rapor, kehadiran, dukungan keluarga, minat belajar, motivasi belajar. Faktor-faktor ini memastikan bahwa siswa mencapai tujuan mereka dan memberikan kesempatan yang lebih baik untuk meningkatkan prestasi akademik mereka di sekolah dasar. Bagi Sekolah Dasar Dhamma Sasana. Dalam memprediksi prestasi belajar siswa, banyak kendala atau permasalahan yang harus dihadapi sekolah dalam memprediksi prestasi belajar siswa, banyak perbandingan variabel dan faktor yang akan diuji dan pengambilan keputusan terhadap prestasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan algoritma C4.5 digunakan untuk memprediksi prestasi siswa pada Sekolah Dasar Dhamma Sasana. Algoritma C4.5 adalah salah satu alat analisis data yang mampu mengidentifikasi variabel-variabel yang paling berpengaruh terhadap prestasi siswa. Kesimpulan meliputi perhitungan manual dan ditemukan pohon keputusan dan pengujian yang dilakukan dengan teknik data mining dengan metode klasifikasi algoritma C4.5 dengan hasil nilai gain yang tertinggi 0,4628, termasuk algoritma c4.5 dan pengujian yang dilakukan dengan aplikasi software weka versi 3.9.6.} }