@thesis{thesis, author={Sianturi Apoan Toni Corline}, title ={Implementasi Quality Of Service Menggunakan Metode Queue Tree dan Mangle pada Mikrotik Router OS di PT Batam Bintan Telekomunikasi}, year={2024}, url={http://repository.upbatam.ac.id/6208/}, abstract={Perkembangan jaringan internet yang semakin pesat menjadikan manajemen sistem pengaturan suatu jaringan harus sesuai dan benar. Banyakanya pengguna dalam mengakses suatu jaringan mengakibatkan jaringan tidak stabil sehingga akan mengganggu kelancaran suatu jaringan. Salah satu penyedia jasa internet yang ada di Batam adalah PT Batam Bintan Telekomunikasi. Kendala yang sering di alami pelanggan PT Batam Bintan Telekomunikasi adalah dari sisi kestabilan dalam mengakses situs maupun aplikasi tertentu. Seiring bertambahnya jumlah pelanggan maka, harus ada nilai lebih yang diterapkan perusahaan, sehingga dapat mengatasi gangguan layanan akses internet oleh pelanggan PT Batam Bintan Telekomunikasi karena mekanisme manajemen kualitas jaringan yang belum maksimal bisa mengganggu kenyamanan pengguna melakukan pengaksesan jaringan serta megakibatkan jaringan dari uplink yang di distribusikan ke pelanggan tidak maksimal, dimana suatu kelancaran akses data unggah dan unduh sangat dibutuhkan oleh pelanggan. Kesetabilan jaringan internet tentunya dapat meningkatkan produktifitas penjualan umtul calon pelanggan PT Batam Bintan Telekomunikasi selaku penyedia jaringan internet, sehingga membutuhkan sistem pengelolaan kualitas bandwidth yang baik. Pengaturan dalam memanajemen kualitas jaringan bertujuan untuk menjadikan akses jaringan internet lebih baik dan maksimal serta mendukung kelancaran proses transfer data ketika mengakses internet. Adapun metode yang digunakan dalam menerapkan sistem untuk menunjang kualitas jaringan internet pada penelitian ini adalah metode Queue Tree dan Mangle yang saling berkaitan dalam penerapannya dengan penggunaan Mikrotik. Hasil dari penerapan metode Queue Tree dan Mangle tersebut mampu meningkatkan menghasilkan perbandingan yang baik dengan indikator yang di ukur seperti latensi, packet loss, jitter, dan throughput yang diharapkan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan PT Batam Bintan Telekomunikasi.} }