@thesis{thesis, author={Frizkiniki Rilan}, title ={Implementasi Permainan Edukasi Pengenalan Tata Surya untuk SMP dengan RPG Maker MV Menggunakan Metode Rule-Based}, year={2024}, url={http://repository.upbatam.ac.id/6245/}, abstract={Kurangnya media yang tepat untuk menunjang pembelajaran pada usia dini menyebabkan generasi muda saat ini kurang mengenal pembelajaran dan masih mengalami kesulitan belajar materi pengenalan tata surya, seperti alat peraga pembelajaran tata surya dan guru hanya menerangkan pembelajaran hanya berdasarkan gambar-gambar yang di buku dan penjelasan yang ada di buku, Pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) untuk materi pengenalan tata surya, dilakukan secara tatap muka dimana guru hanya menggunakan media pembelajaran buku paket sebagai sarana penyampaian informasi dan pembelajaran , kemudian siswa mencatat di buku tulis masing-masing, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan mempermudah siswa dalam mempelajari tentang tata surya dengan menggunakan media game sebagai sarana belajar dan mengaplikasikan algoritma rule based dalam game edukasi pengenalan tata surya dengan engine game RPG Maker MV, metode yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) yang memiliki empat tahapan yaitu analisis, desain ,pengkodean program dan pengujian, lalu pengujian dilakukan dengan pengujian dilakukan dengan menggunakan pengujian black box yaitu uji fungsionalitas aplikasi tanpa memperhatikan sumber atau struktur program, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi pustaka, dan wawancara, hasil aplikasi game yang telah selesai dan dapat dieksekusi akan tersedia dalam bentuk aplikasi Android berekstensi APK, hasil pengujian penelitian ini game berhasil menyampaikan informasi dan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari pengenalan tata surya, dan siswa dapat dengan mudah memecahkan teka-teki dan soal terkait pengenalan tata surya di dalam game.} }