@thesis{thesis, author={Mirna Mirna}, title ={Efektivitas Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau Dalam Mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kota Batam}, year={2021}, url={http://repository.upbatam.ac.id/659/}, abstract={Keberadaan Ombudsman Republik Indonesia Kepulauan Riau memiliki tanggung jawab penting untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. Agar pelayanan publik dapat berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan prinsip- prinsip good governance. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang didukung oleh sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan di Ombudsman Republik Indonesia Kepulauan Riau, serta dengan masyarakat yang pernah melaporkan kasus pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman Republik Indonesia untuk Kepulauan Riau dalam melakukan pengawasan pelayanan publik di Kota Batam, belum efektif .Permasalahan pertama adalah sumber daya manusia yang masih kurang, Jumlah anggaran yang belum memadai, identifikasi laporan yang belum ada bertujuan untuk mempermudah dalam penyelesaian laporan masyarakat, dukungan dari penyedia layanan publik yang masih kurang, koordinasi dan kerjasama antara Ombudsman dan penyedia layanan publik yang belum merata, sosialisasi yang dilakukan Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau yang belum merata, dan kesadaran masyarakat yang masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti menyarankan agar Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau dalam menjalankan tanngung jawabnya mengawasai penyelenggara pelayanan publik khususnya di Kota Batam dapat berjalan dengan baik dan lebih maksimal sesuai dengan peraturan undang?undang. Menambahkan jumlah sumberdaya manusia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menambahkan jumlah anggaran , penambahan fasilitas agar kerjasama dengan penyelenggara publik dapat terlaksana. di Batam lebih baik.} }