@thesis{thesis, author={Safitri Tia Nur}, title ={Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Batam City Hotel}, year={2021}, url={http://repository.upbatam.ac.id/750/}, abstract={Pemilik usaha hotel harus mampu menyediakan pelayanan dengan kualitas yang baik agar pelanggan merasa nyaman dan datang kembali ke hotel tersebut, selain itu fasilitas yang memadai dan nyaman juga sangat diperlukan, kepuasan pelanggan merupakan hal utama yang mampu membuat pelanggan datang kembali atau loyal terhadap hotel. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2) dan kepuasan pelanggan (X3) terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada Batam City Hotel. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Penelitian ini mempunyai 35.912 populasi dan setelah dihitung dengan menggunakan rumus slovin, maka sampel yang didapatkan sebanyak 100 sampel .Penelitian menggunakan alat pengolahan data yaitu SPSS versi 26 dengan hasil penelitian diketahui t hitung 1,942 > 1,66023 dan nilai signifikansi yaitu 0,055 > 0,05 yang artinya bahwa secara parsial kualitas pelayaan berpengaruh positif dan tidak signifikian terhadap loyalitas pelanggan Batam City Hotel. Fasilitas diketahui t hitung 4,409 > 1,66023 dan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya fasilitas berpengaruh positif dan signifikian terhadap loyalitas pelanggan Batam City Hotel. Kepuasan pelanggan diketahui t hitung 2,818 > 1,66023 dan nilai signifikansi yaitu 0,006 < 0,05 artinya kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikian terhadap loyalitas pelanggan Batam City Hotel, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, hal tersebut dapat di lihat dari nilai F hitung dari variabel kualitas pelayanan fasilitas, dan kepuasan pelanggan sebesar 47,855 (F hitung) > 2,14 (F tabel), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.} }