@thesis{thesis, author={Ulkhairi Meta}, title ={Implementasi Data Mining Penjualan Kosmetik dengan Algoritma Apriori}, year={2020}, url={http://repository.upbatam.ac.id/82/}, abstract={Seiring dengan perkembangan zaman, data mining saat ini telah diimplementasikan keberbagai bidang, diantaranya seperti bidang bisnis atau perdagangan, bidang pendidikan dan telekomunikasi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat semakin banyaknya pesaing dalam dunia bisnis. Seperti halnya Toko Yati Kosmetik yang menjual berbagai macam merk kosmetik, yang masih menggunakan cara manual dalam pendataan barang dan juga tidak mengutamakan display (tata letak produk) juga menjadi sebuah kesulitan dalam meningkatkan penjualan produk. Sehingga sulit untuk mengetahui produk (item) yang sering terjual dan sulit untuk mengetahui kosmetik yang sudah tidak tersedi( Maka itu diperlukan penerapan algoritma apriori dalam mengetahui pola kombinasi item sets yang dapat mempermudah pasar dalam mengolah data penjualan kosmetik. Mengetahui jenis kosmetik yang terjual paling banyak,stock kosmetik yang masih tersedia, mengatur display produk, serta manfaat data mining dalam sistem penjualan kosmetik bagi penjual dan pembeli. Maka itu diperlukan metode data mining untuk penerapan algoritma apriori dengan bantuan software tanagra dalam mengolah data penjualan. Data transaksi penjualan Toko Yati Kosmetik yang berlangsung selama tiga tahun terakhir ini yang akan digunakan untuk menganalisa data pada penelitian ini, yakni pada bulan Januari 2017 sampai Desember 2019. Data yang digunakan sebelumnya adalah data yang sudah melewati tahapan seleksi terlebih dahulu oleh peneliti. Dengan perhitungan algoritma apriori maka diperoleh hasil produk yang paling sering dibeli oleh konsumen yaitu bedak mirabella, bedak inez, bedak maybellin, lipstik pixy, dan lipstik make over dengan nilai minimum support 44% dan nilai minimum confidence 80% dengan final rule yang diperoleh sebanyak 9 rules dengan confidence 83%, 84%, dan 89%.} }