@thesis{thesis, author={Kartono Mely}, title ={The effect of work motivation, classroom management and critical thinking skills towards teachers competence in inquiry-based learning at ib- myp}, year={2016}, url={http://repository.uph.edu/4280/}, abstract={Kompetensi guru terhadap pembelajaran inkuiri berdasarkan motivasi kerja, manajemen kelas dan kemampuan berpikir kritis dikuasai guru di sekolah yang menggunakan kurikulum IB-MYP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis jalur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, manajemen kelas dan kemampuan berpikir kritis terhadap kompetensi guru pada pendekatan inkuiri. Subjek di penelitian ini adalah 34 guru di sekolah XYZ. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebagai data primer, yang diolah dengan menggunakan SmartPLS. Wawancara dan observasi dengan menggunakan ceklist sebagai data sekunder untuk melihat adanya data triangulasi. Dari pengelolahan data tersebut, didapatkan hasil yang menunjukan bahwa: Motivasi kerja, Manajemen kelas, dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh sebesar -0.619, 0.409, dan 0.174 masing masing terhadap kompetensi guru dalam menerapkan pendekatan inkuiri. Motivasi kerja berpengaruh sebesar 0.082 dan 0.147 terhadap manajemen kelas dan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis berpengaruh terbesar 0.708 terhadap manajemen kelas. Dalam penelitian ini, kemampuan berpikir kritis berpengaruh terbesar 0.708, dimana guru perlu mengusai kemampuan berpikir kritis untuk persiapan, mengorganisir, dan mendukung siswa dalam orientasi tugas. Motivasi kerja dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh bertentangan terhadap kompetensi guru dengan menerapkan pendekatan inkuiri karena ketidaksesuaian pendekatan dan belum bisa menanam kemampuan berpikir kritis pada murid karena murid mengalami masa transisi dimana kurikulum ini baru diimplementasi. Variabel lainnya berpengaruh dan perlu dikuasai para guru untuk berkompeten terhadap pendekatan inkuiri / Teachers competence in IBL is based on teachers work motivation, classroom management and critical thinking skills possessed by teachers in an IB- MYP school. This research is a quantitative study using path analysis, which aims to measure the effect of work motivation, classroom management and critical thinking skills towards teachers‟ competence in IBL. The subjects involved in this study are 34 teachers at XYZ School. Data collection was obtained by distribution of questionnaires as primary data, analyzed using SmartPLS. Interviews and observation using checklist as secondary data were also recorded to observe data triangulation. The results obtained are that: Work Motivation, Classroom Management and Critical Thinking Skills has an effect of -0.619, 0.409, and -0.174 towards teachers‟ competence in IBL respectively. Work Motivation has an effect of 0.082 and 0.147 towards Classroom Management and Critical Thinking Skills respectively. Critical Thinking Skills has the strongest effect of 0.708 towards Classroom Management, as teachers need to possess critical thinking skills to enable to plan, organize and support students during task orientation. Work Motivation and Critical Thinking Skills have an opposite effect towards teachers‟ competence in IBL due to inappropriate approaches used by teachers in IBL and the disability of teachers to teach critical thinking skills during the transition of implementing a new curriculum. The remaining variables are important to be possessed by teachers to achieve competence in IBL as they affect each other} }