@thesis{thesis, author={Megan Jessia Joy and Purnama Nidya Gracia and Wijaya Rionaldy}, title ={Pengaruh sosial demografi, budaya, dan motivasi wisatawan nusantara terhadap makanan lokal di Kota Semarang}, year={2020}, url={http://repository.uph.edu/7366/}, abstract={Pilihan wisata dari wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Semarang adalah daya tarik wisata budaya yaitu Lawang Sewu. Padahal Kota Semarang memiliki potensi wisata lain contohnya adalah wisata kuliner. Potensi kuliner di Kota Semarang dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata, namun belum dikelola secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh sosial demografi, (2) budaya, dan (3) motivasi wisatawan nusantara terhadap makanan lokal di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Responden dari penelitian ini adalah wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kota Semarang. Jumlah responden adalah sebanyak 197 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh sosial demografi, budaya, dan motivasi wisatawan nusantara terhadap makanan lokal di Kota Semarang. Implikasi manajerial dari penelitian ini bagi Pemerintah Kota Semarang adalah untuk dapat mengembangkan informasi yang lebih menarik dan lengkap mengenai kuliner Kota Semarang dengan memanfaatkan teknologi terkini, mempromosikan makanan lokal Kota Semarang melalui penyelenggaraan festival kuliner secara berkala serta bekerja sama dengan biro perjalanan wisata untuk membuat paket wisata tentang kuliner, khususnya makanan lokal Kota Semarang. Kata Kunci: sosial demografi, budaya, motivasi, makanan lokal / Domestic tourists visiting Semarang generally choose the cultural tourist attraction namely Lawang Sewu to visit. Even though Semarang has other tourism potentials, for example culinary tourism. The culinary potential in Semarang can be developed into a tourist attraction, but it has not been managed optimally. The purpose of this study was to determine (1) the effect of the social demographic, (2) culture, and (3) the motivation of domestic tourists on local food in Semarang. The sampling technique in this study was convenience sampling. The respondents of this study were domestic tourists visiting Semarang. The number of respondents was 197 people. The data analysis method used is linear regression. Based on the results of the study, there are social demographic, cultural, and motivational influences of domestic tourists towards local food in Semarang. Managerial implications of this research for the Semarang City Government are developing interesting informative texts about the culinary of Semarang by utilizing the latest technologies, promotes the local food of Semarang through the conducting of culinary festivals on a regular basis and works closely with the travel agencies to create tour packages about culinary, especially the local food of the Semarang. Keywords: socio-demographic, culture, motivation, local food} }