@thesis{thesis, author={Anjani Nurfitriana -}, title ={PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MELALUI PEMBELAJARAN STEM-PROJECT BASED LEARNING}, year={2023}, url={http://repository.upi.edu/100017/}, abstract={Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran STEM- Project based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran STEM- Project based learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran langsung. Selain itu, dilihat juga bagaimana respon siswa terhadap pelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran STEM- Project based learning serta bagaimana proses pembelajaran STEM-Project based learning berlangsung. Pembelajaran STEM-Project based learning merupakan kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan empat disiplin ilmu yaitu Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) dengan menggunakan prinsip model project based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di salah satu SMA di kota bandung. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak dua kelas, dengan kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran STEM-Project based learning berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran langsung berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapat pembelajaran STEM-Project based learning lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran langsung, respon siswa terhadap pembelajaran STEM-Project based learning sangat positif serta proses pembelajaran STEM-Project based learning terlaksana dengan baik.} }