@thesis{thesis, author={Annisa Kamila Nurhuwaida -}, title ={PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP}, year={2023}, url={http://repository.upi.edu/100048/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan kategori kemampuan spasial siswa (tinggi, sedang dan rendah). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 29 Bandung. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dua jenis instrumen yaitu instrumen tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes pemahaman konsep matematis dan kemampuan spasial, sedangkan instrumen non tes yang digunakan berupa lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional (2) Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional berdasarkan kategori kemampuan spasial siswa (tinggi, sedang dan rendah). This research aims to determine whether the improvement in students' mathematical concept understanding using the Discovery Learning model assisted by GeoGebra is higher compared to those using the conventional teaching model. Additionally, the study also seeks to investigate whether there are differences in the improvement of mathematical concept understanding between students who use the Discovery Learning model assisted by GeoGebra and those who use the conventional teaching model based on the categories of spatial abilities (high, medium, and low). This research adopts a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The population for this study comprises 8th -grade students of SMPN 29 Bandung. The research sample consists of two classes: Class VIII-H as the experimental group using the Discovery Learning model assisted by GeoGebra, and Class VIII-I as the control group using the conventional teaching model. Data collection employs two types of instruments, namely, test and non-test instruments. The test instruments used in this research are tests on mathematical concept understanding and spatial abilities, while the non-test instrument used is an observation sheet. The results of this research indicate that: (1) The improvement in students' mathematical concept understanding who received the Discovery Learning model assisted by GeoGebra is significantly higher compared to students who received the conventional teaching model. (2) There are differences in the improvement of mathematical concept understanding among students who received the Discovery Learning model assisted by GeoGebra compared to students who received the conventional teaching model based on the categories of spatial abilities (high, medium, and low).} }