@thesis{thesis, author={Wina Soniawati -}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI EKSPOSITORIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR: Penelitian Kualitatif Deskriptif Kelas V di SDN Sukamanah, Kecamatan Rancaekek}, year={2023}, url={http://repository.upi.edu/100051/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya minat siswa dalam belajar menulis karena siswa sulit mengungkapkan ide awal saat menulis, menggunakan pilihan kata dan mengembangkan kerangka penulisan. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin meningkatkan kemampuan menulis teks narasi ekspositoris dengan menggunakan media gambar berseri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kemampuan menulis teks narasi ekspositoris menggunakan media gambar berseri yang dialami oleh siswa kelas V SDN Sukamanah ditinjau dari struktur organisasi, kaidah kebahasaan dan aspek mekanik. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Subyek penelitian ini adalah dokumen dan angket hasil menulis teks narasi ekspositoris menggunakan media gambar berseri yang akan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks narasi ekspositoris. Dengan demikian pembelajaran menulis teks narasi yang efektif dilakukan dengan menggunakan media gambar berseri. ------------- This research is motivated by the problem of students' lack of interest in learning to write because students find it difficult to express initial ideas when writing, use word choices and develop a writing framework. Based on these problems, the researcher wants to improve the ability to write expository narrative text using serial picture media. The purpose of this study was to find out the forms of the ability to write expository narrative texts using serial image media experienced by V grade students at SDN Sukamanah in terms of organizational structure, linguistic conventions and mechanical aspects. This study uses a qualitative approach design with content analysis method. The subjects of this study were documents and questionnaires on the results of expository narrative text writing using serial image media which would be analyzed using descriptive qualitative analysis techniques. The results showed that the use of serial picture media could improve students' ability to write expository narrative texts. Thus learning to write effective narrative texts is carried out using serial picture media.} }