@thesis{thesis, author={Shinta Berliana Shadani -}, title ={STRATEGI MEDIA TELEVISI DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA DISRUPSI DIGITAL (STUDI KASUS SURYA CITRA TELEVISI)}, year={2023}, url={http://repository.upi.edu/100052/}, abstract={Di era disrupsi digital ini kedudukan televisi mulai terganggu oleh keberadaan media sosial dalam memperoleh hiburan dan informasi. Melihat jumlah penurunan jumlah penonton TV dan peningkatan pengguna internet, pelaku industri kreatif televisi melek agar tidak tergerus dan terdegradasi oleh kencangnya arus perkembangan teknologi. Salah satu perusahaan yg bergerak di dalam industri media yaitu SCTV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media sosial SCTV dan merumuskan strategi dalam mempertahankan eksistensinya dengan menggunakan metode manajemen strategis yang dimulai dari analisis SWOT. Dari hasil analisis data masing-masing diperoleh bobot kekuatan tertinggi (0,37), bobot kelemahan tertinggi (0,22), bobot peluang tertinggi (0,38), dan bobot ancaman tertinggi (0,21). Rata-rata skor total pada matriks IFAS adalah (3,63) sedangkan matriks EFAS adalah (3,17). Hasil ini menempatkan SCTV di kuadran I dan yang harus diterapkan adalah strategi agresif. Dari hasil penelitian, SCTV menggunakan media sosial sebagai ?second screen? karena prioritas bisnis SCTV sebagai televisi. Penonton SCTV di televisi tidak semuanya mem-follow media sosial milik SCTV, begitupun sebaliknya followers media sosial SCTV, belum tentu menonton program-program SCTV di televisi. Namun, berada di berbagai platform merupakan upaya SCTV dalam melakukan konvergensi media. In this era of digital disruption, the position of television is starting to be disturbed by the existence of social media in obtaining entertainment and information. Seeing the decline in the number of TV viewers and the increase in internet users, the television creative industry players are literate so they are not eroded and degraded by the sophistication of technological developments. One of the companies engaged in the media industry is SCTV. The purpose of this study was to determine the role of SCTV social media and to formulate a strategy to maintain its existence by using a strategic management method that starts with a SWOT analysis. From the results of data analysis, each obtained the highest strength weight (0.37), the highest weight weight (0.22), the highest opportunity weight (0.38), and the highest threat weight (0.21). The average total score on the IFAS matrix is (3.63) while the EFAS matrix is (3.17). These results put SCTV in quadrant I and what must be applied is an aggressive strategy. From the research results, SCTV uses social media as a "second screen" because it prioritizes SCTV's business as television. SCTV viewers on television do not all follow SCTV's social media, and vice versa SCTV social media followers do not necessarily watch SCTV programs on television. However, being on multiple platforms is SCTV's attempt at media convergence.} }