@thesis{thesis, author={Empat Patimah -}, title ={MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA WRITING SKILLS BOARD PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kober Hidayatul Falah)}, year={2023}, url={http://repository.upi.edu/100054/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui media writing skills board pada anak usia 4-5 tahun di Kober Hidayatul Falah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A Kober Hidayatul Falah yang berjumlah 11 anak, yang terdiri dari 3 orang anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan pada anak usia 4-5 tahun di Kober Hidayatul Falah dapat ditingkatkan melalui media writing skills board. Indikator kemampuan menulis permulaan yang dilakukan yaitu (1) kemampuan membuat beberapa garis (garis lurus, garis miring, garis lengkung, dan garis datar), (2) kemampuan meniru lambang dan huruf sesuai yang dilihatnya, (3) kemampuan membuat huruf vokal (A, I, U, E, O). Kemampuan menulis permulaan pada anak dari pra tindakan ke tindakan siklus I semakin meningkat, pada pra tindakan kemampuan menulis permulaan pada anak mencapai 40.90%, pada siklus I mencapai 58.3%, dan pada akhir tindakan siklus II kemampuan menulis permulaan mencapai 84.1%. This study aims to improve the ability to write beginnings through writing skills board media for children aged 4-5 years at Kober Hidayatul Falah. This research is a Classroom Action Research (PTK) conducted collaboratively. The subjects of this study were group A students of Kober Hidayatul Falah totaling 11 children, consisting of 3 boys and 11 girls. The data collection methods used in this study were observation, field notes, and documentation. Data analysis techniques in this classroom action research used qualitative and quantitative methods. The results showed that the ability to write beginnings in children aged 4-5 years at Kober Hidayatul Falah can be improved through the media writing skills board. Indicators of the ability to write beginnings are (1) the ability to make several lines (straight lines, oblique lines, curved lines, and flat lines), (2) the ability to imitate symbols and letters according to what they see, (3) the ability to make vowels (A, I, U, E, O). The ability to write beginnings in children from pre-action to cycle I action is increasing, in pre-action the ability to write beginnings in children reaches 40.90%, in cycle I reaches 58.3%, and at the end of cycle II action the ability to write beginnings reaches 84.1%.} }