@thesis{thesis, author={Muhammad Ihsan Aldhia -}, title ={PENERAPAN MEDIA POWER POINT BERBASIS METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR PADA MATERI PERKALIAN}, year={2023}, url={http://repository.upi.edu/100091/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep perkalian pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media power point berbasis metode jarimatika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas II sekolah dasar pada materi perkalian. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di salah satu SD Negeri di Kota Bandung yang terdiri dari 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi dan penilaian tes. Data yang didapatkan berupa data kualitatif dan kuantitatif yang disajikan dalam bentuk statistika deskriptif. Kesimpulan yang diperoleh adalah (1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan media power point berbasis metode jarimatika berjalan lancar dengan menggunakan kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan pembelajaran menerapkan media power point berbasis metode jarimatika membuat siswa tertarik dengan visual yang ada dalam power point dan gestur tubuh penting melakukan perhitungan menggunakan jarimatika. (3) Media power point berbasis metode jarimatika dapat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas II dalam materi perkalian pada setiap siklus. This research is based on the low understanding of the concept of multiplication in students. This study aims to describe the application of power point media based on jarimatika method to improve mathematical concept understanding of grade II elementary school students on multiplication material. The subjects used in this study were grade II students in one of the public elementary schools in Bandung City consisting of 20 people. The method used in this research is classroom action research with the Kemmis and McTaggart model consisting of two cycles. The data collection techniques used were observation and test assessment. The data obtained in the form of qualitative and quantitative data presented in the form of descriptive statistics. The conclusions reached are (1) Planning the implementation of learning by applying power point media based on the jarimatika method runs well with the use of the 2013 curriculum. (2) The implementation of learning by applying power point media based on the jarimatika method makes students interested in the visuals in the power point and important body gestures to perform calculations using jarimatika. (3) Power point media based on the jarimatika method can improve the understanding of mathematical concepts of grade II students in multiplication material in each cycle.} }