@thesis{thesis, author={Waryono Sutisna}, title ={MANAJEMEN PERAWATAN SARANA DAN FASILITAS PENDIDIKAN: Studi Evaluatif pada Manajemen Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas Pendidikan di Lingkungan Kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Garut}, year={2013}, url={http://repository.upi.edu/1002/}, abstract={Proyek Operasi Perawatan dan Fasiiitas Pendidikan d,laksanakan dalam rangka meningka.kan mu.u pendidikan. merupakan garapan Direk.ora, Inderal Pend.dikan Oasar dan Menengab Departemen Pendid.kan dan Kebudayaan. Proyek ,ni berben.uk pembenan dana un.uk ooerasi dan Pera.wa.an dan fas.H.as pendid.kan. yang diarabkan un.uk meninoka.kan pendayagunaan sarana dan prasararra pendidikan agar proses belajar mengajar berjalan lancar. Proyek Operasi dan Perawa,an FasiL.as Pend.dikan apabila dikai.kan dengan empa. s.ra.eg, pokok keb.jakan Departemen Pend.d.kan dan Kebudayaan. yang .erd.r, dan peningkalan kesempatan dm ^^ penman. penmgkatan toa/te, fe/erans/ ^ ^^^ ^^ PenM?an maka proy,k 0peras, dan perawajan Fasj|tas ^ ^ men,ngka,kan kesempa.an dan periuasan pend.dikan. serta men.ngka.kan kual.tas. releyansi. efek.ivitas dan efis.ensi pendidikan. ??? ^caeDui. rndKa Deneitian i? h0^...-. ?? mendaoatkan gambaran deskriptio tentang oengeiolaan n^w^*- ?r_ aan fasiiitas pendidikan mefalui proyek ooerasi Derawatan -^ ,_.,, pci puiuirvan UiKflasmen Metoda peneiitian yang digunakan adalah metoda Deskriptif Analisis, yakn, melaksanakan peneiitian dengan oara menggambarkan / memaparkan keadaan yang sebenarnya yang sedang berlangsung berdasarkan data dan fakta yang obyektif. dimana data dan informasi ditelaah secare mendalam un.uk mendapatkan hasil peneiitian sesuai dengan harapan peneliti. Peneiitian berlokasi di Kabupa.en Garut. melingkupi 31 Kecamatan, dan membawah, ,08 SLIP. Sumber data diperoleh dari Kakandepdikbud Kabupaten Garut. Pemimpin Proyek Kabupaten dan Pemimpin Bagian Proyek Kabupaten, serta para Kepala SLTP penerima dana perawatan dari Proyek Operasi Perawatan Fasiiitas Pendidikan Jumlab sumber data diambil secara sampel purposif, tidak dipastikan oieh banyaknya responden, tetap, lebih ditentukan oieh kecukupan data dan informas, yang terkumpul.Data terkumpui melalui tehnik wawancara, observes, dan stud, dokumentas,. Untuk memperoleh keapsahan hasil penel.tian penulis melakukan pengujian validitas data dengan tehnik trianggulasi, kecukupan referensi. dan member check Sedangkan analis.s data dilakukan melalui tahapan reduksi. unityzing. kategor.sasi, dan penafsiran. Adapun hasil peneiitian ini adalah sebagai berikut: Pembuatan rapbs yang menjadi dasar perencanaan manajemen perawatan pendidikan di sekoiah. t.dak mengembangkan kreat.yitas kepala sekotah. karena terlalu kaku oieh pera.uran yang berlaku dan pembuatannya tioaK mehbatkan unsur-unsur BP3. Guru. OSiS. dan masyarakat. sehingga ^??, maic^a ifciiiDat aaiam peiaksanaan perawatan sekoiah. Perencanaan anggaran yang beriaku pada bulan April sampai Maret tahun berikutnya, akan tetap, dana baru didistribusikan pada bulan Juni dan Desember, sehingga mempengaruhi jadwal kegiatan yang telah dibuat. Sistim penunjukkan langsung dalam pelaksanaan rehab ringan kadang dapat memberikan peluang kepada kontraktor yang ditunjuk untuk menyerahkan tanggung jawabnya kepada sub kontraktor sehingga hasil rehab tersebut sering berada dibawah standard. Kurang dilaksanakannya pengawasan, dan kaluapun pengawasan itu dilakukan biasanya dititik beratkan kepada keadaan fisik dan kelengkapan administrasi saja. Jarang dilakukan pengawasan secara cross check, akibatnya terjadi peiuang-peiuang untuk melakukan penyelewengan (satu kegiatan dengan beberapa tanda bukti pembayaran untuk digunakan sebagai pertanggung jawaban terhadap sumber-sumber dana yang beriainan). Sering teriambatnya peng SPJ an . mengakibatkan terlambatnya pendistribusian dana treament berikutnya. Berdasarkan temuan permasalahan tersebut, diajukan rekomendasi agar rDiberikan kreatifitas dan pengembangan inislatif sekoiah dalam merencanakan perawatan bagi sekolahnya sendlri dengan mellbatkan unsur-unsur BP3. Gum. OSIS. dan masyarakat. Seiain hai tersebut oenu dibenahi puia pendistribusian. pengawasan serta adanya sanksi bagi oengeloia proyek ooerasi dan perawatan fasiiitas pendidikan.} }