@thesis{thesis, author={Yuni Choirunnisa -}, title ={PENGGUNAAN SHOW PORTFOLIO UNTUK MENGUNGKAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DALAM KONSEP LINGKUNGAN}, year={2008}, url={http://repository.upi.edu/100211/}, abstract={Penelitian berjudul ?Penggunaan Show Portfolio untuk Mengungkap Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Konsep Lingkungan? ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mengungkap pelaksanaan show portfolio, kendala dan kelebihannya, serta tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaannya dalam mengungkap kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrumen yang digunakan adalah rubrik show portfolio, rubrik kemampuan berpikir kreatif, rubrik self assessment, angket siswa, format wawancara siswa, dan catatan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan show portfolio melalui tahap persiapan, pelaksanaan, dan umpan balik. Dari 26 indikator yang telah ditentukan hanya 84,62% indikator yang terpenuhi. Kendala yang muncul, antara lain tugas yang diberikan terlalu banyak, pemberian tugas bersamaan dengan tugas mata pelajaran lain, motivasi intrinsik siswa rendah, orientasi pembelajaran siswa sekedar untuk memperoleh nilai, siswa merasa tidak berbakat dalam menggambar, serta kurangnya waktu pengerjaan tugas. Sedangkan kelebihannya, antara lain bentuk penilaian yang menarik, meningkatkan motivasi dan kebanggan diri siswa, melatih siswa melakukan self assessment, dan memperluas wawasan siswa. Baik siswa maupun guru merasakan show portofolio sebagai asesmen alternatif yang menarik dan perlu diterapkan dalam pembelajaran.} }