@thesis{thesis, author={Beni Saputro -}, title ={MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI MELALUI MEDIA FOTO: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII H SMPN 4 Bandung Tahun Pelajaran 2010/2011}, year={2011}, url={http://repository.upi.edu/100214/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat menulis yang kurang, pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bandung. Selain itu, kesulitan mengawali tulisan, belum menguasai EYD, kurangnya alokasi waktu pembelajaran, kurangnya penggunaan media pembelajaran dan sumber buku ajar yang kurang menutupi kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran menulis paragraf narasi melalui media foto, pelaksanaan pembelajaran menulis melalui media foto dan hasil pembelajaran menulis melalui media foto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Siklus-siklus itu dilakukan secara berulang, berdasarkan hasil refleksi pada siklus sebelumnya sampai suatu masalah dianggap teratasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, keterampilan menulis paragraf narasi siswa melalui media foto meningkat setiap siklusnya. Hasil pembelajaran pada siklus 1, tingkat kemampuan tertinggi siswa adalah 77, sedangkan tingkat kemampuan terendah adalah 55 dan tingkat kemampuan rata-rata siklus 1 adalah 69. Hasil pembelajaran yang dicapai pada siklus 2, tingkat kemampuan tertinggi siswa adalah 88, sedangkan tingkat kemampuan terendah adalah 65 dan tingkat kemampuan rata-rata siklus 2 adalah 72. Dengan demikian, kenaikan nilai siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 30%. hasil pembelajaran yang dicapai pada siklus 3, tingkat kemampuan tertinggi siswa adalah 88, sedangkan tingkat kemampuan terendah adalah 73 dan tingkat kemampuan rata-rata siklus 3 adalah 77. Dengan demikian, kenaikan nilai siswa dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 50%. Secara keseluruhan keterampilan siswa dalam menulis paragraf narasi melalui media foto meningkat sebesar 73%. Oleh karena itu, penggunaan media foto dalam menulis paragraf narasi dapat menjadi alternatif media pembelajaran.} }