@thesis{thesis, author={Nurmayasari -}, title ={MODÉL PANGAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWPIKEUN NGARONJATKEUN KAPARIGELAN MACA DONGÉNG}, year={2012}, url={http://repository.upi.edu/100221/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan membaca dongeng siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Bandung dalam mata pelajaran bahasa Sunda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dan hasil belajar siswa dalam membaca dongeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakannya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada standar kompetensi mampu membaca untuk memahami dan menanggapi bacaan yang berupa sejarah lokal/cerita babad, teks percakapan, dongeng, dan carita pondok. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Bandung kelas VII A yang siswanya berjumlah 40 orang yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kelas dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Waktu pelaksanaan siklus I yaitu tanggal 12 Januari 2012 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2012. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Adapun instrumen yang digunakan terdiri atas lembar tes dan pedoman observasi. Lembar observasi yang digunakan terdiri atas lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan catatan lapangan. Pelaksanaan tindakan yang dilakukan telah mengatasi masalah dalam penelitian, yaitu meningkatkan kemampuan membaca dongeng siswa secara tuntas dengan melampaui batas KKM 75. Hasil belajar siswa berdasarkan hasil tes siklus II yang diberikan di akhir siklus diperoleh sebanyak 8 siswa (20%) mendapat nilai 100 dengan kategori tuntas; 24 siswa (60%) mendapat nilai 90 dengan kategori tuntas; dan 8 siswa (20%) mendapat nilai 80 dengan kategori tuntas. Adapun peningkatan pemahaman atau N-Gain dari tes awal ke tes siklus I adalah 0,21(kategori bawah), dan N-Gain dari siklus I ke tes siklus II adalah 0,54 (kategori sedang). Berdasarkan hasil penelitian, bisa disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran membaca dongeng dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca dongeng. Dengan model tersebut, siswa aktif dalam proses pembelajaran, saling membantu menyelesaikan tugas, dan saling membantu menyelesaikan permasalahan belajar yang ditemukan. 1)Skripsi dibimbing oleh Drs. H. O. Solehudin, M.Pd. dan Hernawan, S.Pd., M.Pd. 2)Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FPBS UPI Bandung.} }