@thesis{thesis, author={Irma Suryaningsih -}, title ={ANALISIS SOAL-SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL DAN GENAP BAHASA PRANCIS DI SMA PLUS PARIWISATA CIBADUYUT TAHUN AJARAN 2007/2008}, year={2009}, url={http://repository.upi.edu/100243/}, abstract={Dalam penelitian ini, penulis menjelaskan ragam soal, materi soal, validitas dan reliabilitas soal-soal yang digunakan dalam ujian akhir semester ganjil dan genap bahasa Prancis di SMA Plus Pariwisata Cibaduyut tahun ajaran 2007/2008. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi studi pustaka dan wawancara dengan guru bahasa Prancis di sekolah tersebut. Hal tersebut dilakukan guna memperoleh data dan informasi tentang ragam bentuk soal dan materi yang digunakan dalam ujian akhir semester bahasa Prancis serta menghitung validitas dan reliabilitas soal-soal tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal-soal ujian akhir semester dan hasil jawaban siswa dari soal-soal tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah soal-soal ujian akhir semester bahasa Prancis di SMA Plus Pariwisata Cibaduyut. Dari hasil analisis data yang dilakukan, menunjukkan bahwa ragam soal yang banyak digunakan pada ujian akhir semester ganjil bahasa Prancis di SMA Plus Pariwisata Cibaduyut pada tahun ajaran 2007/2008 adalah ragam soal isian klos sebanyak tiga buah, bentuk soal uraian terbatas sebanyak tiga buah, jawaban singkat dua buah serta uraian bebas satu buah. Untuk ragam soal yang banyak digunakan pada ujian akhir semester genap bahasa Prancis, data yang diperoleh menunjukkan bahwa soal yang digunakan adalah soal isian klos sebanyak dua buah, soal uraian terbatas dua buah dan soal menjodohkan satu buah. Untuk materi yang terdapat pada soal-soal ujian akhir semester ganjil bahasa Prancis di SMA Plus Pariwisata Cibaduyut pada tahun ajaran 2007/2008 beragam. Materi tersebut meliputi meliputi se saluer, se présenter, les conjugaisons du verbe, l?heure, dan les dialogues. Sedangkan validitas soalnya rata-rata memiliki kriteria sedang, begitu juga dengan criteria reliabilitasnya yang juga memiliki kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa soal-soal tersebut layak untuk digunakan sebagai instrumen evaluasi yang cukup baik.} }