@thesis{thesis, author={Syifa Auliya -}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU “AKU SI GENERASI PANCASILA” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA FASE B SEKOLAH DASAR}, year={2024}, url={http://repository.upi.edu/119403/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan upaya untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa fase B melalui penggunaan media pembelajaran buku saku ?Aku si Generasi Pancasila?. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain dan pengembangan atau Design and Development (D&D) dengan model ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari tahap analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan angket kuisioner. Penilaian validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, serta praktisi pendidikan, perolehan skor tersebut dihitung dengan menggunakan skala Likert. Hasil persentase rata-rata perolehan skor dari semua ahli yaitu sebesar 94% termasuk pada kategori sangat baik. Media pembelajaran diujicobakan kepada siswa fase B khususnya kelas III melalui implementasi, kemudian diberikan angket kuisioner sebelum dan setelah penggunaan media. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan pada motivasi belajar siswa dengan hasil sebanyak 29%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran buku saku ?Aku si Generasi Pancasila? layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa fase B sekolah dasar. This research was motivated by the lack of student interest in Pancasila Education subjects which was caused by the lack of use of innovative media in learning activities. This research is an effort to help students increase the learning motivation of phase B students through the use of the pocket book learning media "Aku Si Generasi Pancasila". The research method used is design and development or Design and Development (D&D) with the ADDIE model. The stages carried out in this research consist of the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research instruments used are interviews and questionnaire questionnaires. The validation assessment is carried out by material experts, media experts, and education practitioners, the score acquisition is calculated using the Likert scale. The average percentage result of scores from all experts is 94% included in the very good category. Learning media is tested to phase B students, especially grade III through implementation, then given questionnaires before and after media use. The trial results showed an increase in student learning motivation with a result of 29%. Based on these results, it can be said that the pocket book learning media " Aku si Generasi Pancasila " is suitable to be used to increase the learning motivation of elementary school phase B students.} }