@thesis{thesis, author={NURWAHYUNI CHENDY}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PROSA DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Siswa Kelas I SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo)}, year={2019}, url={http://repository.upm.ac.id/1465/}, abstract={Keterampilan membaca merupakan aspek penting dalam keterampilan Bahasa Indonesia. Pemahaman siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru tidak tersalurkan dengan baik karena siswa tidak mempunyai keinginan membaca yang sangat tinggi. Keadaan ini terjadi karena minimnya pemahaman guru tentang alat peraga yang menarik siswa untuk mendorong minat baca siswa. Hal ini mempengaruhi ketertarikan siswa dalam belajar materi tersebut sehingga berdampak negatif pada hasil belajar siswa. Permasalahan di atas perlu secepatnya diselesaikan. Salah satu alternatif pemecahan masalah yaitu mengembangkan media disesuaikan dengan karakteristik siswa. Media kartu kata merupakan salah satu jenis media pembelajaran. Media kartu kata memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan media lain. Dengan pertimbangan tersebut, dikembangkan Media Kartu Kata ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melatih keterampilan membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 yang mempunyai tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media. Pengembangan Media Kartu Kata ini menggunakan Model Pengembangan Modifikasi Borg & Gall. Secara garis besar langkah penelitian ini, yaitu (1) Studi Pendahuluan, (2) Perencanaan, (3) Desain Produk, (4) Validasi Produk, (5) Uji Coba Produk, dan (6) Produk Akhir. Dilakukan studi pustaka dan survei lapangan pada studi pendahuluan. Dilakukan analisis struktur isi, perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan instrumen uji kelayakan produk. Dilakukan penyusunan media dan petunjuk penggunaannya pada tahap desain produk. Validasi produk, diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Uji Coba Produk dilakukan dengan uji coba terbatas kepada guru dilanjutkan revisi sehingga didapatkan produk akhir Media Kartu Kata. Uji coba produk terdiri atas uji coba awal dan uji coba terbatas. Uji coba awal terdiri atas validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi ahli materi mencapai 93,75% dan hasil validasi ahli media mencapai 93%. Uji coba terbatas dilakukan kepada guru. Hasil rata-rata angket kepraktisan guru mencapai persentase 85%. Hasil rata-rata keefektifan yang dilakukan dari nilai tes siswa memperoleh nilai 91%. Berdasarkan hasil di atas, media kartu kata telah valid dan praktis serta efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Islam Fatahillah Desa Sumber Kerang Kabupaten Probolinggo. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini media merupakan alat komunikasi yang mempunyai peranan penting bagi peserta didik. Saran yang dapat membangun, hasil penelitian dapat disebarluaskan dan didistribusikan ke perpustakaan sekolah.} }