@thesis{thesis, author={ASBAH WILDAN AMARULLAH}, title ={PENERAPAN METODE DISKUSI BERBANTUAN GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI SD MUHAMMADIYAH 2 PENDIL KABUPATEN PROBOLINGGO}, year={2019}, url={http://repository.upm.ac.id/1533/}, abstract={Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 2 Pendil Kabupaten Probolinggo. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Pendil Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2017/2018.Jumlah siswa yaitu 34 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan.Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 17 September 2019. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 67,35% (kategori aktif)kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase aktivitas belajar siswa mencapai 84,70% (kategori sangat aktif). Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 17,35%.Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 76dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar. Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Pendil dilakukan sesuai sintaks dari metode ini. Keberhasilan penerapan metode ditunjang dengan kegiatan diskusi, pemberian bimbingan dan contoh soal oleh guru. Selain itu, kriteria penilaian juga dijelaskan kepada siswa sehingga siswa dapat menunjukkan keaktifan dalam belajarnya dengan aktif dan hasil belajarnya dengan baik.} }