@thesis{thesis, author={HASANAH WARDATUL}, title ={STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI MA RAUDLATUL HASANIYAH KOTA PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2018-2019}, year={2019}, url={http://repository.upm.ac.id/1551/}, abstract={Data di MA Raudlatul Hasaniyah Kelas XI menunjukan bahwa kesadaran peserta didik cukup baik tapi masih ada yang kurang, karena masih banyak dari peserta didik yang kurang memahami dan mengerti tentang sikap toleransi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi yang guru PKn berikan dalam pembentukan sikap toleransi pada peserta didik melalui pembelajaran di kelas XI MA Raudlatul Hasaniyah Kota Probolinggo Tahun Ajaran 2018/2019. Bertolak dari konteks yang terjadi maka dalam penelitian ini difokuskan pada tiga permasalahan: (1) Bagaimana Strategi Pembelajaran Guru PKn dalam Pembentukan Sikap Toleransi Peserta Didik Kelas XI di MA. Raudlatul Hasaniyah (2) Apa saja kendala yang dihadapi guru PKn dalam pembentukan Sikap Toleransi Kelas XI di MA. Raudlatul Hasaniyah (3) Bagaimana upaya Guru PKn dalam Pembentukan Sikap Toleransi Peserta Didik Kelas XI di MA Raudlatul Hasaniyah. Penelitian ini dilakukan di MA Raudlatul Hasaniyah Kota Probolinggo, Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan Kepala Sekolah, dan Guru. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif dan analisis hasil yang dipakai adalah menggunakan kualitatif dengan analisis data non statisti. Dari penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran guru PKn dalam pembentukan sikap toleransi pada peserta didik yaitu (1) Meningkatkan pembinaan individu yang mengarah pada terbentuknya sikap toleransi (2) Memberikan dorongan kepada peserta didik untuk menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan tentram (3) Menerapkan pembiasaan ketika pembelajaran berlangsung, mengevaluasi sikap dan metode pembelajaran. Pada penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian bagi guru PKn dalam membentuk sikap toleransi pada peserta didik dan bagi peserta didik sendiri di harapkan dapat belajar dengan baik, mengikuti pengarahan dan bimbingan dari orang tua serta guru agar mencapai potensi yang baik, memahami terhadap sikap toleransi, peserta didik mampu menerapkan sikap toleransi, dan dapat menanamkan nilainilai toleransi.} }