@thesis{thesis, author={HARDIKA DEBY HARIES}, title ={IMPLEMENTASI LAYANAN CEPAT ADMINISTRASI KECAMATAN (LAPAK) DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi di Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo)}, year={2020}, url={http://repository.upm.ac.id/1835/}, abstract={Kependudukan merupakan basis utama dan fokus dari segala persoalan pembangunan. Hampir kegiatan pembangunan baik yang bersifat sektoral maupun lintas sektor terarah. Gagasan menyusun suatu sistem administrasi yang menyangkut seluruh masalah kependudukan, yang meliputi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan data-informasi kependudukan, patut menjadi perhatian untuk mewujudkannya. Terbentuknya suatu kebijakan publik tentang Layanan Cepat Administrasi Kecamatan (LAPAK) yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo adalah salah satu upaya untuk membuat sistem tentang pelayanan administrasi kependudukan yang berkualitas, cepat, singkat, aman, modern, akuntable dan menguntungkan masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk bagaimana Implementasi LAPAK yang ada di Desa Tamansari serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi kebijakan.. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan instrument yaitu: interview (wawancara), observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif, setelah data dikelola dan selanjutnya analisis dengan cara berfikir deduktif, yaitu menganalisis data umum untuk mendapatkan kesimpulan pengetahuan baru yang bersifat lebih khusus. Berdasarkan analisis data penelitian, mengenai implementasi LAPAK dalam pelayanan administrasi kependudukan dapat ditarik kesimpulan bahwa Implementasi kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Tamansari mengutamakan beberapa variabel penting yaitu : Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi dan Struktur Birokrasi. Dengan keempat variabel itulah pemerintah Desa Tamansari mengimplementasikan kebijakan LAPAK, Komunikasi yang baik antara pihak Kecamatan dan Desa serta masyarakat, Sumber Daya Manusia yang kompeten untuk menjalankan aplikasi LAPAK, Sarana dan prasarana yang lengkap mendukung jalannya kebijakan , Disposisi atau watak pelaksana kebijakan yang baik dan Struktur Birokrasi yang tidak rumit membuat Implementasi Kebijakan berjalan dengan baik.} }