@thesis{thesis, author={OKTAVIYANI NUR}, title ={PENINGKATAN KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR TAMBAHAN KIJAR (KILAT BELAJAR) PADA SISWA KELAS III SDN BANJARSARI 2 KABUPATEN PROBOLINGGO}, year={2023}, url={http://repository.upm.ac.id/4777/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan belajar dan motivasi belajar siswa kelas III SDN Banjarsari 2 Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan melalui 4 tahapan yakni perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Dalam tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah kelas III SDN Banjarsari 2 Kabupaten Probolinggo dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 14 perempuan. Dalam penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 32% (hanya 10 siswa), meningkat menjadi 58% (18 siswa), hingga mencapai 87% (27 siswa). Kemudian, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal 22% (hanya 7 siswa), meningkat menjadi 48% (15 siswa), hingga mencapai 83% (26 siswa). Maka dengan ini dapat disimpulkan bahwa program bimbingan belajar tambahan KIJAR (Kilat Belajar) dapat meningkatkan kesiapan belajar dan motivasi belajar pada siswa kelas III SDN Banjarsari 2 Kabupaten Probolinggo.} }