@thesis{thesis, author={MAHENIS VIVA TURISA}, title ={PENGARUH PELATIHAN, KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA UD. GARMEN ADI BUSANA SUMBERTAMAN PROBOLINGGO}, year={2019}, url={http://repository.upm.ac.id/627/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh antara pelatihan, kompetensi dan motivasi secara simultan terhadap kinerja karyawan Pada UD. Garmen Adi Busana Sumbertaman Probolinggo. 2) Untuk mengetahui pengaruh antara pelatihan, kompetensi dan motivasi secara parsial terhadap kinerja karyawan Pada UD. Garmen Adi Busana Sumbertaman Probolinggo. 3) Untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan antara pelatihan, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja karyawan Pada UD. Garmen Adi Busana Sumbertaman Probolinggo. Peneliti menggunakan deskriptif dengan pendekatan asosiatif kausal dan mengambil sampel sebanyak 45 responden, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik pengambilan sampel menggunakan samplin jenuh. Alat analisis yang digunakan adalah uji kuesioner yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji determinasi, uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji F dan uji dominan. Hasil penelitian uji validitas menunjukkan seluruh item pertanyaan valid yaitu diatas 0.301 dan hasil penelitian uji reliabilitas menunjukkan hasil reliabel yaitu diatas 0.60. Uji Normalitas menunjukkan data terdistribusi normal. Uji Multikolinieritas mununjukkan variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) tidak terdapat kolerasi antar variabel independen atau model regresi bebas dari multikolinieritas. Uji Heteroskedastisitas menunjukkan tidak terjadi heteroskedastisitas. Uji Autokorelasi menunjukkan tidak terjadi autokorelasi. Uji F menunjukkan bahwa variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap kinerja (Y) dengan nilai Fhitung > Ftabel (24.207 > 3.226) (sig. 0.000 < 0.05). Uji t menunjukkan bahwa variabel pelatihan (X1) berpengaruh secara parsial terhadap kinerja (Y) yaitu dengan nilai thitung > ttabel (2.926 ? 2.018) (sig. 0.001 ? 0.025). Dan variabel kompetensi (X2) berpengaruh secara parsial terhadap kinerja (Y) dengan Nilai thitung ? ttabel (5.048 ? 2.018) (sig. 0.000 ? 0.025). Variabel motivasi berpengaruh secara parsial terhadap kinerja (Y) dengan Nilai thitung ? ttabel (2.881 ? 2.018) (sig. 0.001 ? 0.025). Penelitian ini mendukung hasil penelitian yang dilakukan oleh Wijayanto (2017), Dewi (2016) dan Rachmawati (2016).} }