@thesis{thesis, author={NISAK SHOLEHATUN}, title ={PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MA MIFTAHUL JANNAH WANGKAL KECAMATAN GADING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016-2017}, year={2017}, url={http://repository.upm.ac.id/76/}, abstract={Dalam masing-masing siswa memiliki motivasi yang berbeda-beda.Ada siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi da nada juga siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah.Untuk menumbuhkan motivasi beljar yang tinggi, maka peranan guru dan siswa itu sendiri sangatlah dibutuhkan, sebab hanya seorang gurulah dan siswa itu sendiri yang mampu menumbuhka nmotivasi belajar siswa pada saat berada di dalam kelas serta seorang gurulah yang dapat menentukan keberhasilan program pendidikan di Sekolah. Hal inilah yang terjadi di saat di jam pelajaran PPKn, banyak siswa yang sibuk sendiri bercerita dengan teman sebangkunya, ada yang bermain dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru. Atas dasar itulah maka peneliti dalam penelitian ini mengangkat judul Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2016-2017. Pembahasan skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, karena data-data dianalisa dalam bentuk paparan bahasa, katakata,gambar, dan bukan angka. Cara pengumpulan datanya melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bentuk penyajian datanya pun bersifat naratif yang artinya menceritakan suatu obyek penelitian yang telah dtemui oleh peneliti. Hasil penelitian yang peneliti ketahui mengenai Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2016-2017yaitu Guru sebagai direkturpengajaranyang berperansebagai perencanaan dan pengelolaan hasil belajar, gurulah yang menjadi tolak ukur dalam belajar mengajar berlangsung. Sebagai motivator dan pembimbing, guru membangkitkan minat belajar siswa dan membimbing siswa untuk mendapatkan nilai yang baik.. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh Guru dalam meningkatkanmotivasibelajarsiswanya yaitu kegiatan belajar yang selalu menggunakan metode yang sama setiap waktu sehingga membuat siswa merasa mengantuk dan merasa bosan untuk memperhatikan dan mengikuti saran yang telah di berikan oleh guru.. Selain itu upaya-upaya Guru dalam meningkatkanmotivasibelajar siswa yaitu dengan cara menyenangkan dan menghilangkan persepsi siswa terhadap pembelajaran PPKn yang terkenal membosankan. Sebab jika tidak mengubah pandangan siswa, siswa tidak akan berminat untuk mau belajar PPKn, serta akan mengabaikan pelajaran tersebut.} }