@thesis{thesis, author={Wulandari Fitria}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IX SMP NEGERI 09 KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017}, year={2016}, url={http://repository.upm.ac.id/83/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh: (1) Kurangnya perhatian peserta didik terhadap materi yang disampaikan karena bosan dengan model pembelajaran yang monoton, (2) Penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran PPKn sering kali terlalu dominan, sehingga peserta didik kurang aktif terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar PPKn pada pokok bahasan Penggolonga Hukum. Rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas IX semester ganjil pada mata pelajaran PPKn di SMPN 9 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas IX semester ganjil pada mata pelajaran PPKn di SMPN 9 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa test, dokumentasi, observasi. Sebelum instrument digunakan maka dilakukan analisis Validitas dan Reabilitas, kemudian setelah didapat data hasil belajar dilakukan uji prasarat yaitu Uji Normalitas. Setelah uji prasarat, tahap selanjutnya adalah Uji Hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana dengan menggunakan uji signifikansi, yaitu pada hipotesis pertama menggunakan uji T untuk melihat ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar serta menggunakan rumus korelasi untuk mengetahui sejauh mana taraf signifikansi pengaruh penggunaanmodel pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas IX kurang baik, hal ini ditunjukkan nilai yang tidak valid pada jawaban. Berdasarkan Uji Hipotesis menunjukkan bahwa kelas IXH nilai sig (0.019 > 0.05) dan pada kelas IXD nilai sig (0.008>0.05) Sehingga H1 diterima artinya ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa setelah digunakannya model pembelajaran make a match dalam pembelajaran PPKn.} }