@thesis{thesis, author={ZULFAHMI -}, title ={STRATEGI PEMASARAN KERAJINAN TANGAN DAN SOVENIR DARI ROTAN DI KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU}, year={2020}, url={http://repository.upp.ac.id/1180/}, abstract={Rotan Merupakan salah satu tanaman yg cukup subur di wilayah Indonesia terutama untuk wilayah Sumatra dari akan tetapi bagi sebagian masyarakat hanya di manfaatkan sebagai bahan makanan saja padahal dilihat dari faktor ekonomi rotan bias menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari usaha kerajinan tangan dari rotan tau souvenir dari rotan serta menganalisis strategi yang tepat dalam pengembangan usaha kerajinan dari rotan atau souvenir dari rotan untuk Kecamatan Rambah. Metode yang digunakan dengan menggunakan menggunakan analisis pendapatan, skala likut dan analisis swot. Berdasarkan analisis yang dilakukan didapat biaya tetap sebesar Rp. 157.860 sedangkan untu biaya variable sebesar Rp. 1.080.000 dan pendapatan yang di peroleh sebesar Rp. 3.656.0 dan untu Analisis internal dan eksternal saluran pemasaran souvenir dari rotan di Kecamatan Rambah adalah Strategi Strength-Opportunity (SO) yaitu: Selalu berinovasi dalam menciptakan jenis dan bentuk baru, Hasil penelitian bahwa matrik EFE pada pemasaran sovenir memiliki skor 2,45 sementara matrik IFE pemasaran sovenir memiliki skor 2,75. Posisi dalam kuadran matrik IE ditentukan dari skor total matrik IFE sebagai sumbu x dan skor total matrik EFE sebagai sumbu y. dari hasil analisis ini, maka posisi pemasaran souvenir dari rotan berada pada kuadran V. Posisi ini mengindikasikan pemasaran sovenir dalam posisi menjaga dan mempertahankan (hold and maintain). Strategi yang bisa diterapkan antara lain strategi yang intensif (market penetration, market development, dan product development). Berdasarkan hasil analisa matrik QSPM, pemasaran sovenir dapat menggunakan strategi market penetration. Strategi ini adalah strategi yang dirasa paling tepat untuk di lakukan.} }