@thesis{thesis, author={ARMISON -}, title ={ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTs ASH-SHOHIBIYAH BANGUN PURBA}, year={2020}, url={http://repository.upp.ac.id/1251/}, abstract={Konsep relasi dan fungsi pada kurikulum matematika sekolah pertama kali diterima oleh siswa dikelas VIII. Dalam evaluasi tentang pemahaman siswa dalam materi konsep relasi dan fungsi, terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan yang terjadi dapat berupa kesalahan fakta, konsep, operasi, dan prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi yang dilakukan siswa kelas VIII MTs Ash-shohibiyah Bangun Purba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan observasi, tes soal dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 23 orang siswa. Siswa yang melakukan kesalahan fakta berjumlah 22 siswa (95,65%), kelsalahan konsep 13 siswa (56,53%), kesalahan operasi 3 siswa(13,04%), dan kesalahan prinsip 4 siswa (17,39%). Dalam hal ini peneliti mengambil 3 orang siswa yang paling banyak melakukan kesalahan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan semua jenis kesalahan. Yang paling banyak terjadi adalah kesalahan fakta dan kesalahan konsep. Siswa belum mampu menuliskan simbol-simbol matematika. Siswa juga masih kesulitan membedakan relasi, fungsi, dan tidak keduanya. Pada materi fungsi, penggunaan langkah- langkah yang dilakukan siswa kurang tepat sehingga dapat dikatakan secara keseluruhan siswa belum menguasai materi fungsi dengan baik.} }