@thesis{thesis, author={SYABATINI FEBRIA}, title ={PENANAMAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS VIII SMPN 3 ROKAN IV KOTO}, year={2020}, url={http://repository.upp.ac.id/1390/}, abstract={Menumbuhkan sikap sosial harus dilakukan dengan pembelajaran kreatif dan inovatif untuk merangsang motivasi siswa agar menanamkan nilai-nilai sikap sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru IPS dalam menanamkan bentuk-bentuk sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu untuk menggambarkan kejadian atau fenomena tertentu, dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII sebanyak 28 siswa. Pengambilan sample dalam penelitian ini di lakukan secara purposive sampling dengan jumlah 13 siswa dari seluruh siswa yang ada di kelas VIII. Pengambilan data diperoleh melalui obsevasi secara langsung, wawancara dan kuisioner atau angket. Teknik analisis data menggunakan triangulasi dari sumber data angket, wawancara dan observasi yang di deskripsikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan indikator berada pada kategori cukup baik, hal ini menyatakan bahwa dalam upaya menanamkan sikap sosial siswa oleh guru melalui pembelajaran IPS telah menghasilkan bentuk-bentuk penanaman sikap sosial sikap jujur sebesar 68,37% dan sikap disiplin sebesar 76,55%, sikap tanggung jawab sebesar 76,2%, sikap sopan santun sebesar 71,95%, sikap peduli sebesar 71,2%, dan sikap percaya diri sebesar 74,15%, dengan rata-rata persentase sikap yang tertanam sebesar 73,07%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa sikap sosial yang tertanam masih harus lebih ditanamkan lagi oleh guru IPS.} }