@thesis{thesis, author={HERMANTO -}, title ={ANALISIS PERFORMA TURBOCHARGER INTERCOOLER PADA MESIN DIESEL PAJERO SPORT 4D56 COMMON RAIL DENGAN METODE EKSPERIMENTA}, year={2020}, url={http://repository.upp.ac.id/1608/}, abstract={Gas buang kendaraan adalah salah satu penyebab polusi udara di dunia yang disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna. Untuk itu diperlukan turbocharger untuk menghasilkan daya yang lebih baik sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan. Dalam hal ini mesin diesel Pajero sport type 4D56 commonrail yang digunakan sebagai alat uji. Tujuan penelitian ini agar mengetahui seberapa besar Performa Turbocharger pada kendaraan Pajero Sport 4D56 Commonrail dalam menghasilkan keluaran daya, torsi yang optimal dan juga pemakaian bahan bakar (fc). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data dan analisis pengolahan data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa turbocharger dapat menaikkan daya maksimum sebesar pada 117,47 kW pada 4000 rpm, dan tanpa turbocharger didapat sebesar 96,16 kW pada 3500 rpm, untuk torsi maksimum yang menggunakan turbocharger sebesar 331,47 Nm pada 2750 rpm, dan tanpa turbocharger 279,55 Nm pada 2750 rpm, untuk pemakaian bahan bakar juga didapatkan selisih pemakaian bahan bakar 0,14 Liter/Km lebih irit menggunakan turbocharger dibanding tanpa turbocharger pada putaran mesin 4000 rpm.} }