@thesis{thesis, author={Syafitri Awaliya}, title ={PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU APLIKASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA}, year={2022}, url={http://repository.upp.ac.id/1646/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran fisika setelah diterapkan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu aplikasi powtoon. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Rambah Hilir pada siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 30 siswa. Desain penelitian ini adalah bentuk penelitian pre - eksperimental desain one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal (pretest dan posttest). Setelah data diolah untuk kemampuan pemecahan masalah siswa nilai presentase pretest 42,53% dan termasuk dalam kriteria kurang, setelah diberi perlakuan/treatment hasil posttest siswa memperoleh presentase 73,20% dan masuk kriteria baik. Maka dapat menunjukkan adanya peningkatan nilai pretest dan postest dengan selisih 30,67%. Penelitian ini pada kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh dengan nilai N- gain sebesar 0,58 termasuk kedalam kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu aplikasi powtoon dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran Fisika} }