@thesis{thesis, author={NINGRUM WIDYA}, title ={PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SMP N 8 TAMBUSAI UTARA}, year={2023}, url={http://repository.upp.ac.id/1957/}, abstract={Penelitian di latar belakangi dengan adanya masalah minat belajar pada siswa sekarang ini semakin kompleks karena adanya ketergantungan pada game online yang berkembang pada dinamika masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh game online terhadap minat belajar mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 45 siswa kelas 8 dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah.Random sampling Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan uji t. Pengujian dilakukan dengan membandingkan dengan nilai t hitung dengan t tabel yang ketentuannya nilai t hitung harus lebih besar dari t tabel. Nilai t tabel pada penelitian ini adalah 2,016. Hasil analisis data memperoleh hasil nilai t hitung sebesar -7,931, sehingga dapat diketahui bahwa nilai t hitung > t tabel (-7,931 > 2,016). Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan tentang pengaruh game online terhadap minat belajar mata pelajaran IPS siswa SMP N 8 Tambusai Utara, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara game online dengan minat belajar mata pelajaran IPS. Hasil ini menjelaskan bahwa game online merupakan faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS, semakin sering atau kecanduan siswa memainkan game online, maka minat belajar pada mata pelajaran IPS semakin berkurang. Sedangkan, semakin jarang siswa memainkan game online, maka minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS semakin meningkat.} }