@thesis{thesis, author={Abdul Rahim -}, title ={IDENTIFIKASI DISTRIBUSI SALURAN PEMASARAN KERIPIK TEMPE DI DESA PASIR AGUNG KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU (Studi Kasus Usaha Keripik Tempe IbuPur)}, year={2016}, url={http://repository.upp.ac.id/795/}, abstract={IDENTIFIKASI DISTRIBUSI SALURAN PEMASARAN KERIPIK TEMPE DI DESA PASIR AGUNG KECAMATAN BANGUN PURBA KABUPATEN ROKAN HULU (Studi Kasus Usaha Keripik Tempe Ibu Pur) Abdul Rahim1), Ikhsan Gunawan2), Defidelwina2) Mahasiswa Fakultas Pertanian Pasir Pengaraian, 2) Dosen Fakultas Pertanian Universitas Pasir Pengaraian Abstrak Permasalahan dihadapi industri keripik tempe ibu Pur desa Pasir Agung adalah sisi permodalan yang berkaitan dengan transportasi kurang layak, sehingga para pengusaha tidak dapat memasarkan produk lebih jauh lagi. Pemasaran produk yang baik memerlukan distribusi pemasaran yang tepat agar industri rumah tangga keripik tempe dapat berkembang. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah berupa data primer dan data sekunder. Data primer yaitu hasil wawancara langsung dengan pengusaha responden dengan menggunakan kuisioner. Data sekunder diperoleh dari dokumen yang berupa catatan tentang usaha keripik tempe Ibu Pur. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat tiga saluran pemasaran keripik tempe di lokasi penelitian, yaitu saluran I: pengusaha keripik tempe - mini market - konsumen yang ke II: pengusaha keripik tempe - warung - konsumen yang ke III: pengusaha keripik tempe - pedagang pengecer - konsumen. Tingkat efisiensi saluran distribusi pemasaran saluran I dan II berada pada kategori efisien dan marjin pemasaran sebesar Rp 1.000. Sedangkan saluran ke III berada pada kategori efisien dan marjin pemasaran sebesar Rp 950. Berdasarkan analisis efisiensi pemasaran keripik tempe di Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba sudah efisien. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Marjin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran} }