@thesis{thesis, author={RESTIKA AYU -}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL)TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIISMPN 3 RAMBAHSAMO}, year={2016}, url={http://repository.upp.ac.id/813/}, abstract={Tujuanpenelitian ini adalahuntuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimendengan desainTwo-Grup Posttes Only. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Rambah Samo pada tahun pelajaran 2015/2016 semester genap. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Rambah Samo. Kelas sampel terdiri dari kelas eksperimen yaitu kelas yang diterapkan model pembembelajaran Problem Based Learning(PBL) dan kelas kontrol yaitu kelas yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Kelas sampel diperoleh dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matemtika siswa adalah tes essay. Sebelum tes dilaksanakan terlebih dahulu tes diuji cobakan untuk dianalisis validitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan teliabilitas. Setelah data tes diperoleh selanjutnya dilakukan analisis data untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Uji normalitas digunakan uji liliefors yang hasilnya kedua kelas sampel berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji F yang hasilnya kedua kelas sampel mempunyai varians yang homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis digunakan uji t. Hasil perhitungan diperoleh thitung= 3,007danttabel= 2,051, yang berarti thitung>ttabelmaka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learningberpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 3 Rambah Samo} }