@thesis{thesis, author={Dr. F. X. Manesa. H. T. M. Pd 19591021 198602 1 001 and Dra. Simpun M.Pd and Fonni Agustia ADA 115 092}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 4 SUBTEMA 2 GANGGUAN KESEHATAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH SISWA KELAS V SDN-6 PALANGKA DI PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020}, year={2019}, url={http://repository.upr.ac.id/132/}, abstract={ABSTRAK Agustia, Fonni. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah Siswa Kelas V SDN 6 Palangka Di Palangka Raya Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP. Universitas Palangka Raya. Pembimbing (1) Dra.Simpun, M.Pd (2) Dr. F.X. Manesa, H. T, M.Pd Kata Kunci: Media Audio Visual dan Hasil Belajar Kondisi pembelajaran yang ditemukan peneliti pada siswa kelas V SDN-6 Palangka adalah kurangnya penggunaan pembelajaraan. Media Audio Visual yang digunakan dalam memberi materi di sekolah untuk menarik perhatian siswa dan memperjelas materi yang di sampaikan. Pembelajaran cenderung hanya menggunakan metode mengajar yang telah tersedia pada buku guru. Sehingga siswa kurang bersemangat untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dan mengerjakan tugas menjadi kurang menarik dan kreatif. Kurangnya variasi metode pembelajaran menjadi salah satu penyebab hasil belajar siswa tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar subtema 2 gangguan kesehatan pada organ peredaran darah siswa kelas V SDN-6 Palangka di kota Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran media audio visual, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Kelompok penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 62 siswa. Data nilai pre-test dan post-test dikumpulkan menggunakan teknik tes dengan instrumen sebanyak 20 butir soal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif pada penggunaan metode pembelajaran media audio visual terhadap hasil belajar subtema 2 gangguan kesehatan pada organ peredaran darahsiswa kelas V. Hal ini dapat dilihat pada t-test (uji-t) yang diperoleh menunjukkan bahwa dari hasil analisis uji-t diperoleh hasil sebesar 6,872. Hasil analisis menyimpulkan bahwa thitung = 6,872>ttabel = 2,000. Selisih rata-rata nilai pre-test dan nilai post-test di kelompok eksperimen sebesar 4,872.} }