@thesis{thesis, author={yongki ade115080}, title ={KAJIAN TENTANG PEMBELAJARAN PENJAS KELAS V SDN-4 MENTENG PALANGKA RAYA}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/146/}, abstract={ABSTRAK Yongki 2019 : Kajian tentang pembelajaran Penjas kelas V SDN-4 Menteng Kota Palangka Raya Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Jurusan/Program Studi Penjaskesrek FKIP Universitas Palangka Raya. Pembimbing 1) Dr.U.Z. Mikdar M.Pd dan pembimbing 2) Drs. Cukei. M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini guru sebagai komponen utama dalam proses belajar mengajar sangat menentukan untuk tercapainya tujuan belajar yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah ingin menetahui pengelolaan pembelajaran Penjas kelas V SDN-4 Menteng Kota Palangka Raya Untuk memperoleh kebenaran tujuan dalam penelitian ini diperlakukan metode yang tepat, mengingat penelitian ini tidak berhipotesis, serta hanya mengungkapkan apa adanya tentang sesuatu variabel, maka jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDN_4 Menteng kelas V Kota Palangka Raya. Instrumen penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah disesuaikan dengan tujuan penelitian, dilakukan melalui observasi dan wawancara terhadap responden penelitian. Hasil penelitian tentang pembelajaran Penjas kelas V SDN-4 Menteng Kota Palangka Raya, bahwa sistimatika saat melaksanakan pembelajaran Penjas di SDN 4 pada saat pelajaran Pjok ada 3 kls a,b,c, yang mengajar dilapangan bersama-sama pada situasi lapangan kita tau tidak sesuai dengan lingkungan, tapi disini tergantung dengan kreativitas guru pada saat pembelajaran contohnya kita ambil permainan basket lapangannya ada muridnya banyak tapi kita mudifikasi dalam tiap regu 10 orang dalam waktu sekitar 10 menit, untuk mengatasi itu saya kira tidak ada masalah oleh karena pembelajaran di SD ini cukup untuk pengetahuan, tau aturan kalau untuk prestasi lain tingkatannya. Perangkat pembelajaran ialah sekumpulan media atau sarana yang dipakai oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas atau dilapang olahraga. Pendekatan pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang Penjas terhadap proses pembelajaran Penjas, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Secara umum, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered approach). Kendala utama dalam pelaksanaan pembelajatan Penjas adalah jika musim hujan, yang kedua musim kabut tidak bisa dilaksanakan diluar, seharusnya mata pelajaran dilapangan maka bisa diajarkan diruangan, saat sekarang musim kabut akan tetapi kita masih bisa teori didalam ruangan pada saat hari yang baik kita bisa melaksanakan praktek, seperti senam ketangkasan bisa dilakukan didalam ruangan secara bergantian menggunakan matras.} }