@thesis{thesis, author={RADIATUL MAULIDA ADA115030}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 3 SUBTEMA 1 BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN SISWA KELAS V SDN 6 PALANGKA DI PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/156/}, abstract={ABSTRAK Maulida, Radiatul. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 6 PALANGKA Di Palangka Raya Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (I)Ichyatul Afrom, M.Pd (II) Roso Sugiyanto, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Visual dan Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN 6 PALANGKA di Kota Palangka Raya yang dilaksanakan tanggal 12 Agustus 2019 didapat keterangan bahwa hasil belajar siswa pada tema 3 Makanan Sehat dan subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan kelas V masih rendah atau belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah, rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dari hasil Ujian Akhir Tengah Semester yang telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Audio Visual, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 6 PALANGKA dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 66 siswa. Data nilai pretest dan post-test dikumpulkan menggunakan teknik tes dengan instrumen sebanyak 25 butir soal. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif pada penggunaan metode pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar subtema 1bagaimana tubuh mengolah makanan pada siswa kelas V. Hal ini dapat dilihat pada t-test (uji-t) yang diperoleh menunjukkan bahwa dari hasil analisis uji-t diperoleh hasil sebesar 4,050 . Hasil analisis menyimpulkan bahwa thitung = 4,050> ttabel = 2,000. Selisih rata-rata nilai pretest dan nilai posttest di kelompok eksperimen sebesar 20.} }