@thesis{thesis, author={MARIA YOSEPHIN MEIDYA ADA115176}, title ={HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN-1 MENTENG TAHUN AJARAN 2019/2020}, year={2020}, url={http://repository.upr.ac.id/157/}, abstract={ABSTRAK Maria Yosephin Meidya, 2019. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN-1 Menteng Tahun Ajaran 2019/2020.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Palangka Raya. Pembimbing : (I) Dr. H. Kuswari, S.Pd.,M.Si. (II) Dr. Nyoto, M.Pd. Pembelajaran matematika, salah satu tujuannya adalah membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta mampu bekerja sama. Berbagai persepsi awal yang dimiliki siswa terhadap mata pelajaran matematika, telah membentuk sikap yang beragam. Ada yang memiliki sikap yang tinggi terhadap mata pelajaran matematika, namun tidak sedikit yang bersikap apriori bahkan phobia terhadap mata pelajaran matematika, hal ini tentu dikarenakan pengalaman belajar yang mereka rasakan. Pada saat ini masih banyak siswa yang berpendapat bahwa belajar matematika itu sulit dan kurang menarik, sehingga matematika menjadi mata pelajaran yang kurang disenangi, walaupun tidak semua siswa beranggapan demikian. Apalagi bagi siswa yang pernah memperoleh nilai di bawah rata-rata dari standar ketentuan nilai ketuntasan minimal, semangat untuk belajar cenderung menurun, tentu saja ini akan berpengaruh pada hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang terdiri dari 2 (dua) variabel. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN-1 Menteng sebanyak 32 orang siswa. Data berupa skor angket persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika yang diperoleh dari angket yang diisi oleh responden dan data hail belajar matematika data yang diperoleh nilai tes formatif dan tugas-tugas yang dikerjakan siswa selama pembelajaran matematika pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Selanjutnya data ditabulasikan dan kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi produk moment. Angket sebelum digunakan untuk pengambilan data terlebih dahulu dilakukan ujicoba dan hasilnya dianalisis menggunakan bantuan program SPSS 16. Berdasarkan hasil perhitungan dari rumus korelasi poduk moment di atas diperoleh r-hitung sebesarnya0,92 lebih besar jika dibandingkan dengan nilai r-tabel pada taraf kepercayaan 95 % banyaknya N = 32 maka besarnya angka r-tabel adalah 0,349,Hal ini menujukkan tingkat hubungan yang kuat. Sedangkan hasil uji signifikansi (uji-t) adalah sebesar 13,07, besarnya nilai t-tabeltaraf kesalahan 5% dan derajat kebebasan (dk) = n ? 2 adalah 1,697. Selanjutnya hasil perhitungan koefisien determinasi (rxy)² x 100 = 86,49 %.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan hasil belajar matematika pada siswa kels V SDN-1 Menteng Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020.} }