@thesis{thesis, author={Dr. FX Manesa H. T. M.Pd and Dra. Simpun M.Pd 19621128 198709 2 001 and Tomi Harianto ADA 115 026}, title ={PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 PALANGKA KOTA PALANGKA RAYA}, year={2019}, url={http://repository.upr.ac.id/167/}, abstract={ABSTRAK Tomi, Harianto. 2019. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Bidang Studi Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Palangka Kota Palangka Raya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Pembimbing: (1) Dr. FX. Manesa H. T., M.Pd, (2) Dra. Simpun, M.Pd. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motiasi Belajar Keluarga merupakan wadah pertama dan utama dalam penclidikan. Kehadiran orang tua dapat dijadikan dorongan atau semangat dalam belajar dun anak punya motivasi belajar yang tinggi karena ingin mendapat nilai yang bagus untuk membahagiakan orang yang dicintainya, dalam hal ini adalah orang tua. Di samping itu, motivasi belajar juga harus dimiliki anak didik untuk meningkatkan prestasi belajar mereka yang diwujudkan di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar pada bidang studi matematika siswa kelas V SDN 1 Palangka Kota Palangka Raya dan untuk mengetahui berapa besarkah pengaruh perhatian orang tua tethadap motivasi belajar pada bidang studi matematika siswa kelas V SDN 1 Palangka Kota Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Palangka tahun pelajaran 2018/2019 yang beijumlah 37 siswa. Data didapatkan dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji regresi. Hash penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar pada bidang studi matematika siswa kelas V SDN 1 Palangka Kota Palangka Raya dan teruji kebenarannya, dengan diperolehnya thjg sebesar 4,124 yang lebih besar dan harga tti 2,030 dengan koefisien determinasi diperoleh angka sebesar 0,327, yang menandakan bahwa perhatian orang tua mempenganuhi peningkatan motivasi belajar path bidang studi matematika sebesar 32,70% dan 67,30 % dipengaruhi oleh vaniabel lain yang tidak diteliti pada penelitian mi. Berdasarkan hasil ini berarti semakin tinggi perhatian orang tua yang diberikan pada belajar siswa maka semakin baik pula motivasi belajar pada bidang studi matematika. Sebaliknya jika perhatian orang tua yang diberikan pada belajar siswa rendah maka rendah pula motivasi belajar anak pada bidang studi matematika.} }