@thesis{thesis, author={Asih Utami S.Pd. and Deli Satrianti ADA 115 044 and Drs. Manatap S M.Pd}, title ={PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I SDN -5 BUKIT TUNGGAL PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019}, year={2019}, url={http://repository.upr.ac.id/173/}, abstract={ABSTRAK Skripsi dengan Judul ?Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Geometri Pada Pelajaran Matematika Di Kelas I SDN-5 Bukit Tunggal Palangka Raya Tahun Ajaran 2018/2019?, ini ditulis oleh Deli Satrianti, NIM ADA 115 044. Kata Kunci: Media Puzzle, Bangun Datar Matematika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzel terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode ceramah (tanpa menggunakan media). Hal yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini adalah karena kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan media pembelajaran serta bagaimana cara menyajikan materi pembelajaran kepada siswa sehingga akan diperoleh hasil yang efektif dan efisien dan hasil yang maksimal dalam waktu yang sama dalam upaya peningkatan mutu pengajaran secara baik. Sehubung penelitian dilaksanakan di kelas I SDN-5 Bukit Tunggal, maka yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IA dan Kelas IB yang berjumlah 48 siswa keseluruhannya. Kelas IA terdiri dari 24 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IB terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan 2 tes terhadap kelas 1A dan kelas 1B dimana hasil dari tes pertama merupakan nilai kemampuan dasar dan tes kedua merupakan nilai akhir setelah diberikan perlakukan. Kelas 1A diberikan media pembelajaran berupa puzzle untuk mendukung materi yang diberikan sedangkan kelas 1B tidak diberikan media bantuan pembelajaran. Dilihat dari aspek kognitif, pembelajaran dengan menggunakan media puzzle lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah. Dari aspek afektif, dengan menggunakan media puzzle sikap siswa lebih tertib, dan dari aspek psikomotorik dengan menggunakan media puzzle siswa lebih terampil dalam pembelajaran dan dapat memahami pelajaran lebih baik. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menemukan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada siswa yang menggunakan media puzzle dengan nilai thitung 2,44 > ttabel 1,71 dan didukung oleh skor rata-rata yang diperoleh siswa kelas 1A yang menggunakan media puzzle dengan skor nilai 76,9 dengan siswa kelas 1B yang tanpa menggunakan media dengan skor nilai 72,3.} }